Kamis, 06 April 2017

Pengenalan OOP (Program Penjualan Sepatu Sederhana Menggunakan Netbeans )

*      Langkah 1 : Membuat Skema
Tanda “-“ dilambangkan sebagai private dan tanda “+” diambangkan sebagai public. Berikut ini adalah skemanya:

Sepatu
-String merk
-String tipe
-Stirng ukuran
-String warna
-double harga
+setter()
+getter()
+double HargaDiskon()
+void keterangan()

               
*      Langkah 2 : class Sepatu (kettikan script berikut)
o   Membuat kerangka class Sepatu
Setelah class Sepatu telah dibuat, simpan file tersebut dengan nama Sepatu.java. di dalam class ini, saya juga telah menyediakan tempat untuk mendeklarasikan variabel, setter dan getter.


o    Mendeteksi variabel yang dibutuhkan.
Setelah kita membuat kerangka class itu, maka diperlakukan pendeklarasian variabel yang nanatinya di gunakan sebagai tempat menyimpan data yang bersifat sementara (temporary).


o   Membuat method setter
Selanjutnya buatlah method setter untuk masing-masing variable. Hal ini bertujuan untuk mengeset nilai yang diperoleh dari class utama yang nantinya akan kita gunakan ke dalam class Sepatu.



Informasi tambahan, dalam Pembuatan method setter kita menggunakan sub program berjenis prosedur. Hal ini dikarenakan data yang akan kita set, tidak terdapat umpan balik ke dalam program.


Coba perhatikan script yang telah saya buat di atas. 
Dalam pembuatan method setter terdapat keyword this. Penggunaan keyword this akan mengacu kepada variabel yang di deklarasikan pada class Sepatu (lihat script yang diberi kotak berwarna pink). Apabila variabel tersebut tidak diberi keyword this, maka variabel tersebut akan mengacu kepada paameter method setter (lihat script yang diberi kotak ungu). Anda bisa menggunakan keyword this atau tidak apabila ada perbedaan deklarasi nama variabel pada class Sepatu dengan parameter pada method setter.

o   Membuat method getter
Setelah membuat method setter, anda tinggal membuat method getter untuk mengambil nilai dari masing-masing variabel. Hal ini bertujuan untuk mengambil nilai dari variabel pada class Sepatu yang nantinya akan kita kembalikan ke dalam class utama.

Sebagai tambahan, method getter menggunakan sub program berjenis fungsi karena dibutuhkan umpan balik dalam pengembalian data.

o   Membuat Method tambahan
Sperti namanya, method ini hanya sebagai tambahan apabila ada permintaan untuk mengolah data-data yang telah kita set dan get ke dalam bentuk informasi.  Seperti gambar di bawah ini:



*      Langkah 3 : class utama (ketikkan script berikut)
o   Membuat kerangka class utama


Setelah membuat class utama, simpan file tersebut dengan nama misalnya indh20.java.  Di dalam class inilah, program anda akan dijalankan.

o   Membuat instance of class
Setelah membat class utama, langkah selanjutnya yang dilakukam adalah membuat sebuah objek yang bertipe class Sepatu. Itulah yang dinamakan instance of class. Misalkan, objek yang saya buat adalah spt, maka penulisan scriptnya adalah :

o   Membuat inputan yang diisi user
Sebelum membuat inputan yang nantinya akan diisi oleh user, anda dapat  menggunakan class yang dapat digunakan untuk menerima inputan, salah satunya adalah BufferedReader yang terdapat pada package java.io. Untuk mengakses class BufferedReader, anda harus mengimport class tersebut. Seperti di bawah ini:




Setelah itu, buatlah sebuah perintah yang akan dicetak oleh program, yang nantinya user dapatmengetahui apa saja yang harus ia lakukan ketika program dijalankan. Setiap inputan dari user , kemudian akan ditampung ke dalam variabel (Lihat script yang diberi kotak merah). Setelah ditampung ke dalam variabel, maka data tersebut akan di set satu per satu ke dalam class Sepatu (lihat script yang di beri kotak ungu).


o   Membuat output
Ini langkah terakhir.  Ketika data sudah diinput semua, maka diperlukan output dari hasil tampilan program tersebut. Untuk mengambil data-datanya, anda cukup menggunakan method get() dalam hal pengambilan data.

Coba anda perhatikan script di atas, anda cukup memanggil nama methodnya saja, tanpa perlu mengetik lagi. Hal ini menunjukkan bahwa penulisan spt.keterangan() sama halnya dengan anda mengetik System.out.println (“Harga SEPATU sesudah diskon (5%) = Rp. ”+hargaDiskon()); pada class Sepatu.

PROSES INPUT:


HASIL OUTPUT PROGRAM:


Demikian, program Sepatu sederhana yang telah saya buat. 
Semoga Bermanfaat dan dapat membatu anda.

Nb: Jika masih terdapat kekurangan mohon dimaklumi, karena saya masih belajar. 
Open comment and suggestion. 
Thank You!








 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

EzaHomemade : Tahu Rambutan

Yuk moms, praktekin di dapur kalian ..  Bahan :  1 kotak Tahu putih  3 siung Bawang putih – parut  1sdt bubuk ketumbar Me...