
Tanda “-“ dilambangkan sebagai
private dan tanda “+” diambangkan
sebagai public. Berikut ini adalah skemanya:
Sepatu
|
-String merk
-String tipe
-Stirng ukuran
-String warna
-double harga
|
+setter()
+getter()
+double HargaDiskon()
+void keterangan()
|

o
Membuat
kerangka class Sepatu
Setelah class Sepatu telah
dibuat, simpan file tersebut dengan nama Sepatu.java. di dalam class ini, saya juga
telah menyediakan tempat untuk mendeklarasikan variabel, setter dan getter.
o
Mendeteksi
variabel yang dibutuhkan.
Setelah kita membuat kerangka
class itu, maka diperlakukan pendeklarasian variabel yang nanatinya di gunakan
sebagai tempat menyimpan data yang bersifat sementara (temporary).
o
Membuat method setter
Selanjutnya buatlah method
setter untuk masing-masing variable. Hal ini bertujuan untuk mengeset nilai
yang diperoleh dari class utama yang nantinya akan kita gunakan ke dalam class Sepatu.
Informasi tambahan, dalam Pembuatan method setter kita menggunakan sub program berjenis prosedur. Hal ini
dikarenakan data yang akan kita set, tidak terdapat umpan balik ke dalam
program.
Coba perhatikan script yang telah saya
buat di atas.
Dalam pembuatan method setter terdapat keyword this.
Penggunaan keyword this akan mengacu kepada variabel yang di deklarasikan pada
class Sepatu (lihat script yang diberi kotak berwarna pink). Apabila variabel
tersebut tidak diberi keyword this, maka variabel tersebut akan
mengacu kepada paameter method setter (lihat script yang diberi kotak ungu).
Anda bisa menggunakan keyword this atau tidak apabila ada
perbedaan deklarasi nama variabel pada class Sepatu dengan parameter pada
method setter.
o
Membuat method getter
Setelah membuat method setter,
anda tinggal membuat method getter untuk mengambil nilai dari masing-masing
variabel. Hal ini bertujuan untuk mengambil nilai dari variabel pada class
Sepatu yang nantinya akan kita kembalikan ke dalam class utama.
Sebagai tambahan, method getter menggunakan sub program berjenis fungsi karena dibutuhkan umpan balik dalam pengembalian data.
o
Membuat Method tambahan
Sperti namanya, method ini
hanya sebagai tambahan apabila ada permintaan untuk mengolah data-data yang
telah kita set dan get ke dalam bentuk informasi. Seperti gambar di bawah ini:

Setelah membuat class utama,
simpan file tersebut dengan nama misalnya indh20.java.
Di dalam class inilah, program anda
akan dijalankan.
o
Membuat instance of class
Setelah membat class utama,
langkah selanjutnya yang dilakukam adalah membuat sebuah objek yang bertipe
class Sepatu. Itulah yang dinamakan instance
of class. Misalkan, objek yang saya buat adalah spt, maka penulisan scriptnya adalah :
o
Membuat inputan yang diisi user
Sebelum membuat inputan yang
nantinya akan diisi oleh user, anda dapat menggunakan class yang dapat digunakan untuk
menerima inputan, salah satunya adalah BufferedReader
yang terdapat pada package java.io.
Untuk mengakses class BufferedReader, anda harus mengimport class tersebut.
Seperti di bawah ini:
Setelah itu, buatlah sebuah
perintah yang akan dicetak oleh program, yang nantinya user dapatmengetahui apa
saja yang harus ia lakukan ketika program dijalankan. Setiap inputan dari user
, kemudian akan ditampung ke dalam variabel (Lihat script yang diberi kotak
merah). Setelah ditampung ke dalam variabel, maka data tersebut akan di set
satu per satu ke dalam class Sepatu (lihat script
yang di beri kotak ungu).
o
Membuat output
Ini langkah terakhir. Ketika data sudah diinput semua, maka diperlukan
output dari hasil tampilan program tersebut. Untuk mengambil data-datanya, anda
cukup menggunakan method get() dalam
hal pengambilan data.
Coba anda perhatikan script di atas, anda
cukup memanggil nama methodnya saja, tanpa perlu mengetik lagi. Hal ini
menunjukkan bahwa penulisan spt.keterangan()
sama halnya dengan anda mengetik System.out.println
(“Harga SEPATU sesudah diskon (5%) = Rp. ”+hargaDiskon()); pada class
Sepatu.
PROSES INPUT:
PROSES INPUT:
Demikian, program Sepatu sederhana yang telah saya buat.
Semoga Bermanfaat dan dapat membatu anda.
Nb: Jika masih terdapat kekurangan mohon dimaklumi, karena saya masih belajar.
Open comment and suggestion.
Thank You!
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar